Nilai yang Terkandung Dalam Koperasi Simpan Pinjam yang Menjadikan Diri Kita Menjadi Lebih Baik

pracico

Koperasi simpan pinjam merupakan salah satu lembaga keuangan yang memungkinkan para anggotanya untuk mendapat pinjaman modal dalam nominal tertentu yang bisa digunakan untuk mengembangkan usahanya. Berbagai macam bentuk koperasi simpan pinjam dibangun dan dijalankan di Indonesia. Semuanya dijalankan berdasarkan tujuan awalnya. Ada yang membuka koperasi simpan pinjam untuk mempermudah proses pembelian suatu barang secara kredit dan masih banyak lagi bentuk dan jenisnya.

Namun, di balik segala macam bentuk yang bisa dipilih oleh masyarakat di Indonesia, koperasi simpan pinjam memiliki nilai-nilai yang secara umum selalu diterapkan di berbagai macam lini kegiatan. Nilai tersebut menjadi dasar dari setiap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para anggota. Apa saja nilai yang terkandung? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Tanggung jawab
    Tanggung jawab merupakan salah satu nilai utama yang dipegang dalam menjalankan koperasi simpan pinjam. Tanggung jawab yang dimaksud adalah ketika seseorang meminjam uang, hal utama yang harus dimiliki adalah rasa tanggung jawab untuk mengembalikan uang dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Tanggung jawab seperti ini patut dimiliki oleh setiap anggota karena uang yang dipinjam merupakan milik anggota yang lain. Bila uang tidak dikembalikan dalam jangka waktu yang telah disepakati, hal tersebut tentu saja akan mengganggu perputaran roda ekonomi dalam koperasi.
  2. Keadilan
    Setiap keuntungan dan kerugian yang didapat oleh koperasi akan dibagi secara merata antara para anggota. Hal tersebut dikarenakan uang yang dimiliki oleh koperasi merupakan uang para anggota sendiri. Itulah mengapa baik untung atau pun rugi akan tetap dibagi secara adil.
  3. Rasa setia kawan
    Berhubungan dengan poin sebelumnya, rasa setia kawan merupakan nila selanjutnya yang selalu dijaga dalam koperasi simpan pinjam. Bila para anggota memiliki nilai ini, maka tidak akan dikhawatirkan akan adanya penipuan atau aktivitas ekonomi tercela lainnya. Koperasi simpan pinjam akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu koperasi simpan pinjam kredibel yang juga menekankan nilai-nilai di atas adalah Koperasi Simpan Pinjam Pracico Inti Sejahtera.

https://pracico.com

Edit
Pub: 27 Dec 2018 10:53 UTC
Views: 340