Let's talk!

Manfaat Menggunakan Social Media untuk Event Marketing

  • click to rate

    Lewatlah sudah hari-hari ketika orang beralih ke koran lokal untuk menemukan acara mendatang di kota mereka. Untuk mendapatkan pendaftaran, kontak untuk permintaan media telah ditunjuk sebelumnya, beberapa siaran pers yang menarik dibuat dan beberapa iklan berbayar dilakukan.

    Munculnya internet dan media sosial telah menggantikan cara pemasaran acara konvensional. Saat ini orang mencari informasi acara di mesin pencari dan jejaring sosial. Untuk memastikan bahwa acara tersebut layak untuk dihadiri, mereka beralih ke jejaring sosial untuk mendengarkan apa yang orang lain katakan tentang acara tersebut.

    Media sosial telah mengubah cara orang mengumpulkan informasi. Ini membuatnya sangat penting bagi perencana acara untuk memanfaatkan media sosial bersama dengan alat tradisional mereka untuk menjangkau calon peserta. Semua pemasar acara perlu memahami lanskap media sosial (SM), mengidentifikasi platform interaksi audiens target, dan mengembangkan strategi media sosial yang relevan untuk meningkatkan kesadaran acara dan meningkatkan peserta.

    Pesatnya pertumbuhan situs sosial terkadang tampak luar biasa, tetapi ini bagus untuk industri acara karena menyediakan akses ke jutaan orang di ujung jari Anda. Ada banyak manfaat menggunakan media sosial untuk pemasaran acara. Sebagai contoh:

    Keterlibatan yang Lebih Baik

    Media sosial adalah peluang besar bagi perencana acara untuk berjejaring dengan pakar industri, influencer, dan cendekiawan. Orang biasanya terlibat satu sama lain melalui SM sebelum dan sesudah acara, terutama jika acara tersebut memiliki banyak penonton. Penyelenggara acara harus mengaktifkan, berpartisipasi, dan mendorong keterlibatan tersebut, karena ini akan menghasilkan partisipasi dan dialog yang lebih bermakna selama acara berlangsung.

    Menjangkau Pemirsa Besar

    Facebook memiliki 1,28 miliar pengguna aktif bulanan, Google+ 540 juta pengguna aktif bulanan, Twitter 255 juta pengguna aktif bulanan, Instagram 200 juta pengguna aktif bulanan, LinkedIn 187 juta pengguna aktif bulanan, dan YouTube memiliki 1 miliar pengguna. 6,7 juta orang membuat blog melalui situs blogging.

    Jika Anda mempromosikan acara Anda di SM, Anda dijamin akan mendapatkan kehadiran yang lebih baik. Selain itu, Anda dapat memobilisasi peserta terdaftar Anda untuk menggunakan jejaring sosial mereka untuk mengundang kolega / teman untuk mendaftar acara dan konferensi.

    Tentukan Topik Acara

    Jika pemasar acara memantau dengan cermat grup diskusi terkait bisnis mereka di LinkedIn atau halaman merek di Facebook, mereka dapat dengan jelas memahami topik dan informasi yang diminati dan dibicarakan orang.

    Ini akan membantu mereka memilih topik khusus pengguna dan menjadikan acara mereka lebih berharga bagi peserta. Pembicara juga akan lebih siap untuk menyesuaikan pesan atau presentasi mereka jika mereka mengetahui preferensi audiens mereka. Mereka juga dapat memeriksa umpan balik peserta tentang presentasi mereka di Twitter, Facebook, atau blog peserta dan memasukkan perubahan jika diperlukan di masa mendatang.

    Perencanaan Acara yang Ditingkatkan

    Media sosial mendorong semua orang yang terlibat - peserta, pembicara, staf, dan perencana acara - untuk melakukan yang terbaik. Jejaring sosial memberdayakan peserta untuk menjadi peninjau atau kritikus acara. Mereka dapat dengan mudah mempublikasikan umpan balik mereka secara online.

    Ini dapat membangun atau menghancurkan reputasi acara dan organisasi Anda. SM menawarkan peluang besar untuk meningkatkan reputasi online. Mendengar umpan balik dari peserta dan membuat perubahan yang sesuai dapat membantu merencanakan acara yang lebih baik di masa mendatang.

    Pembicara dan staf juga dapat menggunakan umpan balik dan melibatkan peserta mereka pada tingkat yang lebih dalam.

    Manfaat di atas membuat media sosial sangat diperlukan dalam dunia event marketing saat ini. Untuk memastikan bahwa upaya media sosial Anda membantu Anda mencapai tujuan Anda, penting bagi Anda untuk terlibat secara efektif di semua platform media sosial.

    CanOpener adalah agensi undrctrl.id yang diakui yang mengembangkan dan melaksanakan strategi SMM untuk mempromosikan festival, acara, dan konferensi lokal. Kami mengembangkan strategi pemasaran acara yang secara khusus disesuaikan dengan sasaran acara Anda, dan memantau aktivitas media sosial di Twitter, LinkedIn, Facebook, Google+, YouTube, dan lainnya.

Recent Blog Entries

View All